Cara membuat ruangan dapur agar tidak panas

Ruangan dapur ketika memasak akan terasa panas karena udara yang dihasilkan dari memasak atau dari kompor adalah udara panas sehingga ruangan menjadi panas dan tidak nyaman. Tentunya anda tidak menginginkan hal ini terjadi pada dapur anda. Salah satu trik atau solusi yang bisa anda kerjakan mengatasinya adalah dengan pemasangan Eksos Fan atau Exhaust Fan. Eksos Fan adalah alat semacam kipas yang berfungsi untuk menghisap udara yang berada didalam untuk dikeluarkan. Pemasangan Eksos Fan ada yang dipasang di dinding dan ada pula yang dipasang di Plafond. Dibawah ini adalah eksos fan yang dipasang di Plafon.

Eksos Fan di Plafond

Dengan adanya eksos fan ruangan dapur anda tidak akan terlalu panas dan anda akan merasa nyaman ketika anda misalnya sedang memasak. Untuk lebih optimal lagi apabila ruangan dapur anda sirkulasi udara masuknya kurang sebaiknya, ditambahkan kipas sirkulasi udara untuk yang masuk. Untuk udara yang masuk sebaiknya diambil dari tempat yang bebas dari polusi misalkan dari atas bangunan dengan menggunakan pipa pvc. Dibawah ini saya menggunakan kipas penyedot udara luar dengan kipas komputer ukuran besar dengan sumber daya AC 220V. Pipa PVC nya memakai ukuran 2inch.

Kipas sirkulasi udara masuk

Supaya udara masuk lebih besar lagi anda bisa menggantinya dengan kipas yang lebih besar. Kipas komputer ini sudah cukup untuk membuat sirkulasi udara didalam ruangan dapur yang pada umumnya tidak lebih dari 3×4. Kipas komputer yang saya gunakan ini bekerja 24 jam sampai sekarang belum mengalami kerusakan dan tidak terdengar suara brisik. Pemakaian Kipas Sirkulasi dan juga Eksos fan akan menjadikan ruangan tetap segar tidak berbabu dan tidak pengap. Semoga tips membuat ruangan dapur tidak panas ini bisa bermanfaat buat anda.

Artikel lainnya:
Atasi ruangan panas dengan turbine ventilator